Strategi Bermain Catur yang benar (Bagi Pemula)


Gambar terkait


          Permainan catur merupakan sebuah olahraga mengasah otak, meski catur masih tergolong jenis olahraga yang banyak diminati. Bila olahraga lainnya menuntut tubuh kita agar aktif sepenuhnya dengan gerakan-gerakan  olahraga lainnya catur adalah olahraga yang santai bagi kalangan remaja bahkan oangtua yang hobi didalam bidang catur ini.
          Teknik serta kemampuan dibutuhkan oleh para pemain catur agar mampu mengalahkan pemain lawan. Setiap langkah ketika bermain catur memiliki tujuan serta maksud untuk mematikan lawan. Mematikan lawan tak semudah yang dibayangkan dan oleh karena itu, menyusun strategi yang sangat matang atau power full  menjadi kunci dari kemenangan di dalam permainan catur.
1. Melihat Waktu (See Time)
          Dalam bermain catur, memperhatikan waktu adalah langkah awal sebelum memulai permainan ini. Apabila sebuah permainan ini  memiliki waktu durasi 90 menit atau satu setengah jam dalam beberapa langkah, itu artinya sama saja perlu menyiapkan minimal 1 langkah dengan waktu  maksimal dalam 3 menit karena alokasi waktunya adalah 3 menit per langkah.
2. Melakukan Pemetaan (Do Mapping)
         Sebelum melangkahkan ke pion, lakukanlah pemetaan(mapping). Mapping adalah sebuah langkah gambaran dimana sebuah permainan yang belum dimulai untuk melangkah ke langkah selanjutnya.
Tujuannya adalah menentukan wilayah mana yang hendak diserang oleh prajurit biasa. Pion kuda pun di sini bertugas mengelabui lawan dan benteng menjaga raja, sementara perdana menteri bisa menekan.
3. Langkah Elegan (Elegants Steps)
          Permainan catur di awal bisa dibuka dengan langkah elegan,elegan adalah sebuah langkah dimana permainan dengan langkah yang cantik dan unik sebelum dan sesudah menjalakan sebuah pion dengan langkah-langkah selanjutnya.Cara lainnya, bisa juga dengan dua pion ada pada sisi kanan dan kiri masing-masing hanya mengambil satu langkah saja.  

4. Melangkahkan Kuda sebelum Gajah (Move the horse before the Elephant) 

          Mungkin masih ada beberapa pemain catur yang belum mengetahui bahwa akan lebih baik jika yang dijalankan lebih dahulu adalah kuda. Jalankan kuda lebih dahulu dan kemudian baru melangkahkan gajah. Kuda bisa dijalankan secara zigzag agar pertahanan lawan dapat dikacaukan secara mudah dan musuh menjadi bingung bagaimana menaklukan lawan dengan menjalankan sebuah kuda terlebih dahulu. 

5. Melangkahkan Gajah sebelum Benteng (Step Elephant before the Fort)
          Strategi ini juga sebaiknya dilakukan agar menjalankan gajah lebih dahulu maksudnya,gajahlah yang diutamakan sebelum akhirnya dilanjutkan dengan menjalankan benteng.Agar strategi yang  lain mampu menjaga sebuah posisi ini demi pertahanan sebuah benteng tersebut.
6. Melangkahkan dahulu Benteng sebelum Menteri (Step Fort before Minister)
          Pada permainan catur, penting sekali untuk mengetahui strategi apa yang dilangkahkan dahulu tepat sebelum menteri adalah benteng. Namun,strategi ini bisa dilakukan jika memang kondisi memungkinkan.Sebaiknya melangkahkan benteng lebih dahulu karena benteng ini dapat menjadi penjaga terakhir raja.
7. Pejabat Menjaga Pion (Officials Keeping Pawn)
          Pejabat digambarkan seperti gajah, benteng dan kuda hanya dapat menjaga pion,sebaiknya Strategi seperti ini diperlukan supaya pihak lawan tak memiliki kesempatan untuk memakan pion-pion kita. Cara ini juga bisa  menjadi cara alternatif penyelamat khususnya ketika sudah masuk pada babak-babak akhir permainan.khususnya merelakan tentara kita jika terdesak/kesulitan.
8. Merelakan Tentara jika Terdesak (Give up the Army if pressed)
          Tidak perlu takut untuk merelakan salah satu tentara atau prajurit ketika sedang bermain catur.Tidak masalah juga jika memang posisi sedang terdesak karena memang lawan terus memberikan serangan  kepada kamu. Merelakan salah satu tentara merupakan strategi yang umum karena dengan cara ini kamu justru mendapatkan sebuah  tentara dari lawan yang bahkan jabatannya bisa kemungkinan lebih tinggi.

9. Mempersempit Gerakan Lawan (Narrow the Opponent's Movements)
          Jangan memberikan lawan Anda terlalu leluasa menjalankan gerakan ini,karena ini menjadi tidak baik. Ia bisa menjebolkan/menyusup pertahanan  kapan pun tanpa diduga. Maka dari itu,perlu kewaspadaan terhadap lawan dari setiap gerakannya

10. Mengunci Prajurit secara Terpola (Locking Soldiers in Pattern)
         Ketika ingin mengurung prajurit, perlu prinsip melakukan secara matang dengan pola yang tepat. Hal ini perlu untuk diusahakan agar kekalahan dapat dicegah atau dihindari. Dalam proses mengunci prajurit,perlu dilakukan terpola yang tujunnya menurut setiap masing-masing pemain berfikir ini adalah salah satu taktik yang bisa dilakukan agar tak mengalami kekalahan. 

11. Menghindari Penumpukan Pemain Bidak (Avoiding Stacking Players)
         Ketika bermain catur, pemain perlu menghindari penumpukan pemain bidak.maksudnya, jangan sampai seluruh prajurit yang ada di dalam bidak dan kemudian malah tidak ada jarak karena saling berdekatan. Jadi saat kita bermain hindari area jarak pertahanan dengan musuh.Agar tidak mengganggu waktu kamu saat bermain. 

12.  Tidak Mengisolasi Prajurit (Not Isolating Soldiers)
         Adapun langkah yang sebaiknya diketahui kamu, yakni pemain catur bisa mencoba untuk tidak mengisolasi prajurit dan jangan sekali mencobanya. Kerajaan catur kamu begitu berharga sehingga harus dibela sampai titik usaha penghabisan karena setiap nyawanya sangatlah penting, jadi cobalah untuk tidak mengisolasi prajurit dalam permainan kamu.jika itu sampai terjadi maka peluang kamu untuk memenangkan prmainan catur ini sangatlah tidak mungkin. 

13.  Menunda Sekak Hingga Waktunya Tepat (Delaying Skak Until the Time is right)
         Pada permainan catur, sekak bukanlah hal yang bisa dilakukan kapanpun kamu mau. Karena pada permainan catur selalu berhubungan dengan strategi, maka yang paling penting di sini dilakukan kamu adalah menunggu waktu atau momen yang tepat hingga  akhirnya bisa men-sekak raja lawan. Jika sekak dilakukan terlalu cepat, bisa-bisa usaha kamu malah menjadi sia-sia. 

14. Tenang, Rileks dan Fokus (Calm, relax and focus)
         Apa tujuan bermain catur? Untuk mencari hiburan bukan? Maka agar lawan juga tidak menjadi terlalu senang, kamu perlu menenangkan diri, rileks, tapi tetap fokus pada permainan. Itulah kunci langkah-langkah di mana kamu bisa memenangkan pertandingan catur. Untuk mengalahkan dari lawan, waktunya harus benar-benar pas dan tetap fokus terhadap permainan.  

15. Lebih Baik Daripada 1 (2 Better Than 1)
        Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menghubungkan benteng-benteng. Akan lebih baik jika ada 2 benteng yang bekerja sama agar menjadi lebih kuat dari pada 1 benteng saja. Dan saat telah terhubung, tumpuk kedua benteng pada lajur terbuka dan akhirnya kamu bisa masuk dalam pertahanan lawan.

16. Menggunakan Tipuan (Using Deception) 

          Sama seperti halnya seperti olahraga lain, dalam sebuah pertandingan selalu ada langkah membingungkan lawan. Menggunakan tipuan dalam permainan catur juga sah-sah saja atau melakukan serangan yang pada akhirnya mampu membuat lawan terperdaya dengan mudah sehingga kamu memenangkan permainan. 

17.Memakai Strategi yang Lawan Tak Pahami (Using a Strategy That Opponents Don't Understand)
         Saat lawan dengan mudahnya mengetahui langkah kita selanjutnya, tentu saja kita dapat terkena game offering(Mati),Karena langkah yang tidak mudah untuk dipahami oleh lawan adalah yang paling baik. Selama permainan berlangsung, pastikan bahwa langkah yang diambil oleh kamu tidak mudah diketahui dan ditebak oleh lawan.

18.Membuat Lawan Minder (Making Opponents Minder)
          Bagaimana kita membuat lawan  menjadi minder? Mungkin, karena yang perlu dilakukan oleh Kamu adalah bermain seperti profesional meski memang mungkin Kamu masih tahap belajar. Seperti langkah sebelumnya, ketenangan dan fokus kamu adalah kunci untuk tampil seperti pemain profesional. Melihat sikap tersebut, lawan pasti akan mulai minder.Dan disitu peluang kamu buat menjatuhkan lawan sangat mudah. 

19.Tidak Menempatkan > 4 Pion pada Pembukaan (Not placing> 4 Pawns at Opening)
          Perlu di ingat bahwa pada opening di setiap permainan catur,kiranya pemain berupaya agar tidak  menempatkan pion dengan jumlah 4 buah lebih di depan. Cara ini hanya akan menjadi faktor penghambat bagi diri sendiri karena akan kesulitan untuk mengendalikan pion tersebut. Lawan juga menjadi berkesempatan untuk menghancurkan pertahanan Anda. 

20.Melindungi Raja (Protect the King)
        Melindungi raja adalah tugas dan peran yang penting dan ini merupakan peran dari benteng. Karena benteng cukup memiliki beberapa fungsi, maka perlindungan terhadap raja bisa dilakukan dari luar(eksternal), sementara kemampuan raja bisa menutupi celah dari dalam(internal). Pertahanan menjadi makin kuat karena melakukan cara ini. 

21.Melangkahkan Pion Bebas (Advance Free Pawn)
        Pada babak akhir, melangkahkan pion secara bebas akan sangat mempengaruhi lawan karena ini sama saja dengan memaksa lawan untuk menyerahkan prajurit yang mencoba menjadi penghalang setiap langkah.Raja lalu bisa dihidupkan segera, tukar perwira, sementara benteng bisa berada di belakang pion lawan dalam baris pertahanan.Dan raja pihak lawan bisa dimatikan dengan langkah ini.


Yaps Itu Dia Strategi catur yang benar menurut mimin, Kira kira kalian pernah gak nih main catur terus kalian skak mat :D kalo pernah silahkan tulis komentar di kolom komentar dibawah yaa kawan kawan

Post a Comment

0 Comments